Efektivitas Lomba Desain Poster sebagai Media Pengenalan Program Studi DKV UNDHI
Kata Kunci:
Desain komunikasi Visual, lomba desain poster, strategi promosi, pemasaran digitalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas lomba poster pada kegiatan Launching Program Studi DKV Universitas Dharma Indonesia sebagai salah satu strategi berbasis analisis pemasaran digital untuk pengenalan program studi DKV kepada masyarakat, terutama kepada generasi muda yang akan melanjutkan pendidikan tinggi dan Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui umpan balik dan partisipasi peserta pada platform digital, kemudian dilakukan analisis secara tematik dengan jumlah 36 koresponden yang diambil dari jumlah peserta lomba. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana kegiatan kompetitif ini dapat memperkenalkan program studi kepada masyarakat, terutama kepada generasi muda yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Setelah dikumpulkan melalui umpan balik peserta, data dianalisis secara tematik dengan memperhatikan bagaimana peserta bertindak dan seberapa terlibat audiens di platform digital. Hasilnya menunjukkan bahwa kegiatan seperti ini dapat membantu promosi yang dapat menarik minat calon mahasiswa baru. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pemasaran pendidikan berbasis kegiatan kreatif, sekaligus menawarkan wawasan bagi institusi pendidikan dalam merancang pendekatan promosi yang lebih efektif di era digital.