Perancangan Komunikasi Visual Sebagai Media Promosi Kotagede Silver Yogyakarta
Kata Kunci:
Silver City, Media PromosiAbstrak
Masyarakat umum sekarang menyukai perhiasan perak. Kotagede memiliki potensi untuk seni dan kerajinan perak, yang membuatnya menjadi pusat industri perak sejak tahun 1960. Ada persaingan ketat di antara pengusaha perhiasan perak karena banyaknya produsen perhiasan perak di Kotagede. Dalam persaingan, setiap pengusaha perak harus berusaha untuk meningkatkan kualitas media promosi mereka dan meningkatkan kualitas produk mereka. Media promosi berkualitas tinggi harus diikuti dengan media promosi berkualitas tinggi juga. Perusahaan perak Kotagede Silver mengalami kesulitan dalam menyebarkan informasi kualitas produk melalui media promosi. Perusahaan ini sangat membutuhkan media promosi yang efektif untuk menarik konsumen. Melalui metode penelitian dan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, kepustakaan, dan dokumentasi di Silver Artshop Kotagede. Dalam hal ini, teori semiotika digunakan. Setelah itu, diproses melalui analisis sintesis, aktual, dan faktual, konsep "elegan" yang akan digunakan sebagai referensi dalam perancangan media untuk mempromosikan Kotagede Silver. Neon box, iklan majalah, iklan di kendaraan, packaging 1, flyer, banner, pakaian karyawan, tas kertas, dan katalog adalah media yang digunakan untuk mempromosikan Kotagede Silver Artshop untuk menarik pelanggan.